Demam kuning (yellow fever)

Penyakit demam kuning atau jaundis adalah suatu keadaan pada bayi yang mempunyai ciri-ciri seperti bagian putih mata dan kulit yang bewarna kuning-kekuningan. Warna kuning-kekuningan ini dapat dilihat dengan lebih jelas apabila kulit bayi ditekan lembut, ia kelihatan kekuningan. Penjelasan tentang apa itu demam kuning bisa dilihat di sini

Bayi yang mengalami demam kuning biasanya akan diberi sinar ultraviolet untuk menurunkan kadar biribulin ditubuh bayi.

Balik lagi ke bayi saya, saya sangat takut bayi saya terkena demam kuning, karena katanya bayi laki2 yang kurang umur kelahirannya dan bergolongan darah O sangat rentan terkena kuning. Meskipun anak saya hanya kurang 10 hari dari waktu normal, tapi dia bergolongan darah O. dan waktu saya periksa matanya, matanya sudah berwarna kuning. dan waktu saya tekan pipinya pun, kesan kuning itu sudah nampak.

jadi waktu nurse bilang bahwa anak saya harus diberi cukup susu untuk menghindari kuning, akhirnya saya relakan anak saya minum susu formula. karena waktu itu susu saya masih bener2 kering, meskipun saya tahu  bahwa sebenarnya bayi bisa bertahan selama 3-7 hari tanpa makan setelah dia lahir. tapi bila tidak cukup susu nya, dia akan terkena kuning. ** dua pilihan yang sama sulit nya😦

pulang ke rumah, saya masih terus memberinya susu formula, karena asi saya memang masih sangaaaaaat sedikit. Kata nurse nya kita harus menjaga makan bayi sampai usianya 2 minggu untuk menghindari kuning. Selain itu setiap pukul 9 pagi, selama lebih kurang 15 menit, ibu dan papa saya membawa bayi saya keluar untuk dijemur agar mendapatkan sinar ultraviolet alami dari matahari.

Hari ke 5 saya kembali ke dokter untuk cek jahitan selepas operasi, sekalian mengecek kondisi bayi. Alhamdulillah kata dokter bayi nampak OK meskipun ada kuningnya sedikit. untuk memastikan kadar kuning bayi saya, dokter melakukan tindakan cek darah..

Huhuhuu, bayi sekecil itu mau diambil darah😦 kemudian bayi saya diambil oleh suster dan dibawa kedalam. saya tidak boleh ikut. Dari luar saya hanya mendengar bayi saya menjerit, sedih sekali saya mendengarnya. tak lama, bayi saya dikeluarkan. tapi sudah tidak menangis lagi. Ternyata, darah diambil dari ujung telapak kaki. hmm semoga bayi saya tidak rewel setelah ini.

Kemudian nurse berkata bahwa result akan keluar pukul 2. kami akan ditelpon apakah bayi perlu dibawa kembali atau tidak. bila kadar biribulin < 14 maka masih dianggap aman. tapi kalo sudah > 14 maka bayi harus diberi sinar ultraviolet tambahan untuk menormalkan kondisinya.

Menanti pukul 2 sepertinya lamaaaa sekali. akhirnya nurse menelpon pada pukul 2.30 petang. dia berkata bahwa kadar biribulin anak saya alhamdulIllah hanya 10.1

AlhamdulIllah.. selamat..🙂

Leave a Reply

