Sakit Telinga di Hari2 Terakhir Kehamilan

Sebenarnya ini adalah kebiasaan lama saya, yaitu mengorek2 telinga meskipun tidak kotor. Kebiasaan ini semakin menjadi setelah saya hamil.

sebenarnya diawal kehamilan, telinga saya sudah pernah sakit karena saya korek2 terus. mungkin karena hormon saya yang berubah, mengakibatkan telinga yang saya korek semakin menjadi2 gatalnya. akibatnya telinga saya sakit. karena sakit akhirnya saya berusaha untuk tidak mengoreknya lagi meskipun sangattt gatal. akhirnya karena lama tidak dikorek sakitnya hilang disertai dengan hilangnya gatal ditelinga saya.

Memasuki semester terakhir kehamilan, telinga saya kambuh lagi gatalnya, sehingga kebiasaan korek kuping saya menjadi kambuh juga. setiap hari minimal 3 kali saya korek kupingnya. Walhasil, seminggu kemudian telinga saya bengkak. tapi belum terlalu sakit. saya tahan2 tapi ternyata tidak sembuh juga. bahkan semakin parah, karena diiringi demam yang tinggi. Saya juga tidak bisa mendengar dengan jelas, karena telinga saya tertutup. saya jadi sangat khawatir, karena kehamilan saya sudah masuk minggu ke 37. saya takut berdampak dengan janin saya.

Padahal saya anti sekali kedokter selama hamil ini, kecuali ke dokter kandungan. takut dikasih obat oleh dokter. Akhirnya dengan berat hati saya kedokter juga. dengan rekomendasi salah seorang teman, saya ke dokter nazreen di RS pakar putri johor. Alhamdulillah dokternya baikkk sekali. telinga saya di scan.. waduh mengerikan sekali, telinga kiri saya bengkak sampai gendang telinganya tidak kelihatan. sedangkan telinga kanan belum terlalu bengkak. gendang telinga masih kelihatan, dan Alhamdulillah gendang telinganya baik2 saja.

Ohh ternyata telinga saya infeksi karena terlalu sering di cocok2 pake cotton buds 😦 kata dokter, telinga tidak perlu dibersihkan, karena intinya telinga punya alat otomatis untuk membersihkan diri.

Akhirnya telinga kiri saya ditambal pake perban, supaya tidak tertutup rapat oleh bengkak. fungsi perban itu untuk meresapkan obat tetes agar bengkak nya hilang, sehingga bisa melihat kondisi gendang telinga saya yang kiri, apakah masih bagus atau tidak.

Setelah 3 hari diberi obat tetes, telinga kiri saya mulai membaik, tapi hari keempat demam saya kembali tinggi, ternyata telinga kanan saya juga membengkak dan hampir menutup. Akhirnya hari keenam saya kembali lagi ke dokter THT. setelah dicek, ternyata pembengkakannya lebih parah dari yang kiri… 😦 . Tapi telinga kanan saya alhamdulIllah bengkaknya sudah hampir hilang, sehingga alat dokter bisa masuk kedalam telinga, dan bisa melihat keadaan gendang telinga. AlhamdulIllah juga gendangnya dalam keadaan baik2 aja, sehingga perban disebelah kiri dilepas dan pasang lagi perban disebelah kanan.

Kebayang kalo telinga kanan kiri dipasang perban, benar2 gak bisa kedengaran apa2. ini aja saya susah sekali mendengar orang. kalo ngomong harus keras-keras 😦

Kehamilan saya sekarang masuk minggu ke 38, setelah dicek dokter, tidak ada pembukaan juga. sehingga diputuskan operasi pada minggu ini juga, yaitu hari kamis 23 jan. Waduhh saya pikir, gimana telinga saya? masak harus operasi dengan telinga diperban? jadi saya minta mundur sampai tanggal 26 jan pada hari ahad. Hari jumatnya saya ke dokter THT, minta perban dibuka, apapun keadaannya. soalnya saya pikir, setelah operasi, saya tidak bisa lagi keluar rumah, mungkin dalam 2 minggu. gak mungkin melihara entu perban sampe 2 minggu 😦

Untung aja, meskipun masih bengkak, tapi infeksinya sudah tidak terlalu lagi. sehingga gendang telinga sudah bisa terlihat dan AlhamdulIllah dalam keadaan baik. Akhirnya dokter mau mencabutnya, dengan resiko saya harus kesana lagi bila telinga kembali membengkak.

hhmm kapok saya. sekarang bener2 kapok ngorek2 telinga. gara2 kerajinan, telinga jadi infeksi dan duit 2.5 juta melayang 😦