Cuda programming workshop

Sebenarnya tanggal 11 kemaren, kami mau pulang kampung karena ada urusan yang mendesak. sudah beli tiket, tapi ternyata dapat surat cinta dari supervisor bahwa kami harus ikut pelatihan “cuda programming” pada tanggal 11 dan 12 desember ini..

Waduh.. Akhirnya tiket yang sedianya kami pesan untuk tanggal 11 harus dimundurkan. walaupun kena cash 250rb tapi masih untung masih bisa tukar tanggal. kalo pulang naik AA, bakalan hangus tuh tiket. Selain tiket yang harus diubah, ada lagi kerugian besar kami. yaitu hotel untuk transit dibatam yang sdh kami ambil dengan harga promo. karena harganya promo, jadi gak bisa ditukar tanggal lagi alias hangus. jadi double bayar hotelnya nih gara-gara si “cuda :-)”.  Ok lah tak mengapa rugi dikit (eh banyak ding😦 ). asal bisa nambah pengetahuan.

CUDA™ is a parallel computing platform and programming model invented by NVIDIA. It enables dramatic increases in computing performance by harnessing the power of the graphics processing unit (GPU) (dari site resmi yang punya cuda)

Jadi cuda programming akan menigkatkan performancenya dengan bantuan server Nvidia tesla. jadi kita kerja dikompi kita, terus runningnya dari nvidia tesla entuh. tapi ternyata kompi kita pun harus memiliki card VGA brand nvidia, biar mereka (si kompi + serverny) bisa komunikasi ceritanya. nah yang menjadi masalah, saia gak punya kompi yang kayak begituan. mau nuker notebook mahal buanget, lagian yang sekarang masih sangat bagus dan layak untuk terus dipakai. kalo mau beli VGA nya aja, ternyata kompi ku gak support.

Akhirnya dengan sangat menyesal, saia ikut pelatihan bagai tentara mau perperang tapi gak bawa senjata. dengan kata lain bengong-bengong sepanjang pelatihan. untung chair mate alias teman sebelah saya duduk ada kompi yang sudah modern (ada nvidianya🙂 ).. lumayan bisa numpang liat hehehe

Resize of DSCN3303

ini adalah suasana saat pembukaan worshop. yang sedang berbicara adalah supervisor saya, sedang memberi kata sambutan. pembicaranya 2 orang laki2 yang sedang berdiri disamping prof. mereka berasal dari vendor Nvidia Tesla yang datang langsung dari KL, sebagai fasilitas gratis karena fakulti sudah membeli mesin server yang harganya ratusan juta.

Langkah yang baik dari sebuah lembaga pendidikan. Untuk mendapatkan hasil yang baik,salah satu usahanya adalah memberikan penunjang berupa fasilitas yang lengkap. Semoga lembaga saya pun mampu suatu saat…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s