Mini Seminar Mendidik Anak menjadi Penghapal Alquran

Tanggal 17 oktober 2012, bidang perempuan PKS wilayah johor mengadakan mini seminar dengan tema “Mencetak Generasi Qur’ani dengan Cinta”. Pembicaranya adalah Ustadzah Wirianingsih atau lebih dikenal dengan Ustadzah Wiwi, ibunda dari 10 bersaudara bintang Al Qur’an.

Kegiatan ini diselenggarakan di Pejabat IKRAM Taman Universiti, Johor Bahru, Malaysia.  Hadir pada acara ini ibu-ibu dari istri-istri pensyarah (dosen) UTM asal indonesia, mahasiswi UTM, ibu-ibu/istri pejabat KJRI johor bahru, para pekerja wanita yang ada di johor yang sengaja mengambil cuti dan para undangan puan-puan anggota IKRAM kalo gak salah.

Ustazah wiwi menerangkan bahwa untuk mencetak generasi qurani, maka orang tuanya harus memiliki grand desain pendidikan anaknya tersebut mulai anak berada dalam kandungan. Dan azam yang kuat tersebut harus didukung oleh kedua belah pihak yaitu suami dan istri.

Ibarat sebuah rumah, maka suami yang membentuk pondasi berikut bangunannya. jadi suami yang memiliki aturan-aturan main dalam pemahaman Alquran, sedangkan istri itu mengatur dalam rumah. Artinya istrilah yang menjamin bahwa semua aturan itu akan berjalan dengan baik. Mulai dari  menyediakan makanan yang halal dan toyib, menjaga kesehatan mereka, menanamkan disiplin, mendidiknya, memeriksa setiap hapalan secara teratur dan hal-hal lain berkaitan dengan pengaturan  terjaminnya pendidikan anak agar tetap terlaksana.

Selain itu, lingkungan sangat berpengaruh. Baik itu lingkungan rumah, teman-teman dan sekolah. Dirumah ust. wiwi tidak ada TV ataupun hiburan2 lain yang melenakan. Setiap habis sholat magrib dan subuh, tidak ada kegiatan lain selain membaca dan menghapal alquran.

Selain itu, menurut beliau, harus diperhatikan masalah golden age. Golden age adalah umur anak yang paling baik untuk menghapal alquran yaitu antara umur 0 th – 12 tahun. Bila tidak diasah, maka pada umur 7 tahun, otak akan menjadi stagnan. Makanya banyak sekali di palestine anak2 umur 7 tahun yang sudah hapal quran. di thailand selatan, baru saja dilantik 1000 anak hafiz (hapal 30 juz) alquran.

Semoga saya diberi kesempatan oleh Allah untuk menjadi seorang ibu, dan bisa mendidik anak-anakku menjadi penghapal dan pengamal quran yang baik.  Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s