mudah berkata, namun susah dilakukan

Lebih mudah mengatakan sesuatu hal saat kita tidak berada pada posisi tersebut, namun saat kita ada disana, akan sulit melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

berlaku sekarang saat saya kesakitan karena suatu hal. sakitnya sudah lebih dari satu minggu ini. awal-awal, saya masih sadar untuk beristighfar dan bershalawat sakitnya datang. tapi setelah seminggu gak sembuh juga tu penyakit, mulailah keluar sifat asli manusia.. suka mengeluh..

kalo sudah datang sakitnya, mulailah ngeluh ini sakit, ini sakit.. belum lagi pake acara nangis-nangis padahal meskipun nangis sekenceng apapun sakitnya gak bakal hilang. Satu lagi penyakit yang paling parah.. ngajak orang ikutan susah kalo lagi sakit. si suami yang lagi enak2 tidurpun akhirnya dengan nurutnya ikut mengurut-urut bagian yang sakit itu.. huh dasar..

padahal, kalo nasehatin orang, mudah sekali merangkai kata-katanya..sebagai seorang muslim kita harus senantiasa sabar dan ikhlas , tidak boleh gampang mengeluh, harus senantiasa bersyukur..

tapi saat terjadi pada diri sendiri susah sekali melakukan… ternyata kita bisa  dikatakan sebagai seorang mukmin yang ikhlas, bila sudah mendapatkan cobaan dan mampu menjalankannya..

Sama dengan zuhud. Zuhud itu memilih untuk hidup sederhana dan tidak berlebih-lebihan. Kata memilih, berarti kita punya pilihan, mau hidup enak (karena kita memang punya harta) atau kita lebih memilih untuk hidup sederhana. kalo kita memilih hidup sederhana berarti kita zuhud. tai kalo kita dari sononya memang hidupnya sudah sederhana itu bukan zuhud kali ya…

nah, sama kejadiannya. saat kita tidak memiliki apa-apa, mudah bagi kita untuk berkata bahwa hidup itu harus zuhud. tapi saat kita memiliki semuanya, sangat susah untuk memilih hidup zuhud..

lho.. kok nulisnya jadi ngelantur..

Hmm yang pasti saat kita bicara sesuatu harus tau bagaimana menjalankannya. bukan hanya tong kosong saja. tapi tidak tau bagaimana implementasinya..

– menasehati diri sendiri-

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s