UU pengelolaan zakat

tanggal 27 oktober 2011 pengesahan uu baru tentang pengelolaan zakat menggantikan uu tahun 1999

Senang bercampur haru saya membacanya. semoga ini menjadi awal untuk Indonesia mencapai kesejahteraan.

Sangat berlebihan memang, bila saya mau menyamakan Indonesia dengan zaman kekhalifahan yang mencapai kesejahteraan karena pengelolaan yang baik dan benar, karena pada zaman itu, para khalifah adalah orang-orang yang sangat jujur dan sangat takut dengan dosa, dan semua penduduknya juga sangat taat dengan zakat, infak dan sedekah.

tapi minimal, dengan adanya undang-undang zakat, dapat menimbulkan kesadaran, jika tidak tumbuh secara pribadi, bisa ditumbuhkan dengan keharusan yang ditulis dalam undang-undang, untuk membayar kewajiban zakat, infak dan sedekahnya, sejahteraan di indonesia dapat merata dirasakan.

Nah sekarang masalah lembaga zakat di Indonesia. sampai sekarang saya belum bisa percaya 100% dengan pengelola zakat, yang berasal dari pemerintah. karena mind set saya, jika dari pemerintah maka akan ada potong sana-sini, sunat sana-sini pada zakat yang kita bayarkan, meskipun sebenarnya tidak semuanya seperti itu. Tapi tetap saja mind set saya belum bisa diubah

Namun bukan berarti kita akhirnya tidak mau membayar zakat. Sebagai alternatif, sekarang sudah ada lembaga zakat yang dapat dipercaya. setidaknya, saya percaya pada lembaga ini karena ke eksisan kegiatan mereka di lingkungan masyarakat. seperti : rumah zakat indonesia. atau lembaga zakat yang khusus lokal di palembang : DSIM, yang kegiatannya mencakup wilayah sumatera selatan saja.

Oiya, bagi yang ingin menghitung-hitung apakah harta kita sudah mencukupi nisap untuk berzakat bisa menggunakan Calculator zakat

Jika ternyata belum mencapai nisap yang ditentukan, bisa diganti dengan sedekah, untuk membersih harta kita.

-just remind mymind-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s