Hari kemenangan yang berbeda

lebaran kali ini adalah yang kedua yang kami merayakan di malaysia.. tidak ada yang istimewa disini.

Tapi yang membuat berbeda adalah kebingungan kami tentang tanggal jatuhnya 1 syawal. sebab dari berita yang kami baca, di sini pun ada perbedaan pendapat tentang jatuh nya hari raya. menurut berita, di semenanjung malaysia, jatuhnya 1 syawal yaitu tanggal 30 agustus, sedangkan di sabah/serawak tanggal 31 agustus.

semalam, kami sempet telp ke beberapa teman, tapi mereka pun tak pasti. sama2 menunggu pengumuman dari pihak kerajaan jam 8 malam tanggal 29 tadi. Padahal kami berencana untuk berbuka diluar pada hari terakhir ramadhan. agak bimbang, apakah mau pergi tapi kalo gak jadi lebaran besok, berarti masih harus tarawih..

akhirnya nelpon ke pak gad, memastikan apakah masjid sudah persiapan untuk sholat ied besok ?  menurut mereka kemungkinan besar, besok sholat ied nya, sebab persiapan sudah dilakukan.. akhirnya dengan mengucap bismillah, kami pergi aja keluar, dengan kemungkinan terburuk, kami sholat tarawih di rumah nanti malam..

Alhamdulillah, jam 8 lewat 2 menit kami dikabari teman melayu bahwa pihak kerajaan mengumumkan bahwa tanggal 30/8-11 adalah hari raya di semenanjung malaysia..

Masalah lainnya adalah saat kami menelpon ke palembang, ternyata lebaran di indonesia,, ditetapkan tanggal 31/8.. waduh.. kebayang gak serunya suasana maaf2annya. ternyata benar, tadi saat kami nelpon untuk mengucapkan selamat lebaran dan maaf2an, keluarga disana masih santai karena belum dalam suasana lebaran.. yah…. kuciwa anak mudo… :-{

hemmm.. gimana ini, kenapa bisa penentuannya berbeda.  Dari koran yang saya baca, ternyata hanya 4 negara yang melaksanakan lebaran pada tanggal 31 agustus yaitu Indonesia, Selandia Baru, Oman, dan Afrika Selatan dimana dalam penentuannya 1 syawal mengandalkan pada pengamatan hilal di level lokal. Bahkan saudi arabia pun merayakan pada tanggal 30 agustus. padahal menurut sejumlah lembaga internasional yang memantau penampakan bulan pada Senin, 29 Agustus 2011 dengan menggunakan berbagai perangkat teknologi yang reliable dan precise, keberadaan bulan sudah terlihat di ufuk timur pada Senin sore dan petang.

sumber photo : hilal

gak taulah mana yang bener. karena saat ini kami tinggal d negeri jiran, maka kami pun ikut keputusan pemerintah disini.

tapi.. kapan pun kita merayakannya.. tidak mengurangi suasana hari kemenangan ini.. tak lupa saya mengucapkan

Minal aidin walfaidzin, Mohon maaf lahir dan batin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s