Toblerone, halalkah ?

ini yang menjadi pertanyaan saya ketika saya membeli coklat terkenal produksi switzerland tersebut pertama kali kepada si kakak penjaga toko (panggilan kakak di malaysia = mbak).

Si kakak bilang halal, bila tak halal akan ditulis… ya memang kalo disini, product2 yang tidak halal akan dijual ditempat yang dipisahkan dari yang halal.. atau kalo toko coklat import, mereka akan menulis mana saja product yang tidak halal.

Tapi karena di bungkus coklatnya sendiri gak ada tanda halalnya, jadi saya agak ragu-ragu untuk memakannya.. meskipun akhirnya habis juga..hehhehe

karena penasaran, saya akhirnya searching diinternet.. dan nemu link ini

alhamdulillah, ternyata disitu dikatakan toblerone product switzerland dan england halal, meskipun ada beberapa product yang masih tidak halal.

disitu dikatakan coklat yang saya beli, toblerone milk, black and white chocolate halal, karena flavoring nya terbuat vanilin. jadi dikategorikan halal.

Tapi perlu diingat, disitu dikatakan, coklat produksi inggris dan switzerland saja yang halal dan hanya untuk beberapa product saja.

dan kebetulan, disini, coklat tobleronenya langsung import dari inggris. ada tanda cukai import nya dan disemua supermarket diletakkan di bagian halal food.

Jadi jika ingin membeli coklat toblerone teliti lagi, apakah memang import dari inggris, dan tipenya adalah toblerone milk, black and white chocolate. Jika masih ragu lebih baik ditinggalkan saja, karena memang kita dilarang untuk memakan yang meragukan.

-Semoga bermanfaat-

 

3 thoughts on “Toblerone, halalkah ?

  1. TObleron yang di sini.. gak ada tulisan halal-nya, ya, mbak ? Put jarang perhatiin coklat tobleron soalnya… he.. he…

    *mesti untuk ponakan yang Ruarrrr biasa, ya… ^_^😉

  2. assalaamu’alaikum,
    maaf cuma mau meluruskan saja,link yg pertama cuma berlaku utk toblerone yg dijual di UK. kemudian utk kosher chocolate disertifikasi oleh lembaga yahudi merujuk pada kitab yahudi jadi tidaklah sama dengan sertifikat halal. coba search google dengan keyword O-k dairy atau kosher.
    salaam.

    • Wassalam wr wb
      terima kasih ya masukannya, nanti saya revisi tulisannya.
      tapi salah satu alasan saya mengapa mengatakan halal, karena di sini akan dibedakan mana coklat yang halal mana yang tidak. meskipun memang belum ada logo halalnya. tapi mereka melihat dari isi/kandungan coklat tersebut.
      jika semua kandungan dianggap halal maka mereka akan meletakkan ditempat “halal food”. Dan untuk toblerone, semua swalayan meletakkannya di bagian halal food.
      Tapi sebagai muslim, mungkin memang lebih baik jika kita ragu ditinggalin aja.
      makasih sekali lagi

      salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s