Kursus Jurulatih U-Robik

 

Berasaskan niat untuk menjadi pelatih bagi akhwat2 dipalembang sepulangnya sekolah nanti … (hehehe mulia banget….) maka Selama 2 hari kemaren saya mengikuti kursus jurulatih urobik atau kalo dalam bahasa indonesia nya pelatihan instruktur aerobik, yang diadakan oleh dewan sukan utm pada tanggal 26-27 pebruari 2011. bertempat di dewan sri berlian, KTF, UTM.

Pesertanya sekitar 28 orang..yang terdiri dari students undergraduate, master, PhD dan beberapa staff UTM. Instrukturnya adalah puan aisyah dan redza….

Lumayan banyak yang saya dapatkan… mulai dari bagaimana teknik pemanasan menggunakan low impact, high impact, pelatihan otot sampai ke pendinginan..

Tapi tulisan dibawah ini, jangan terlalu dijadikan patokan ya.. sebab saya hanya mencatat dari apa yang saya dengar, tidak mencari lagi dari buku atau sumber-sumber lain yang dipercaya ..🙂

Aerobic : merupakan olahraga yang tidak memerlukan profesionalisme, biasanya dilakukan secara beramai2

Manfaat jika melakukan aerobic secara teratur antara lain :

  1. menguatkan daya tahan otot dan jantung. daya tahan otot sendiri adalah kekuatan untuk mengulang gerakan berulang kali
  2. meningkatkan fleksibilitas. fleksibilitas adalah melakukan gerakan meregang dan menutup tanpa rasa sakit
  3. meningkatkan hormon endofin. endofin adalah hormon happy dan estrogen.

Yang mempengaruhi aerobic adalah FITT:

  1. Frekuensi yaitu kekerapan senam perminggu, yang dianjurkan adalah 30-40 menit sekurang2nya 3x perminggu.
  2. Intensity (level) yaitu mulai dari warming up, low impact dan high impact.
  3. Time yaitu sifat lamanya waktu adalah linier progression atau dimulai dari sebentar kemudian bertambah sedikit demi sedikit sampai maksimal 2 jam perhari.
  4. Type yaitu jenis gerakan

Aturan makan :

  1. makan 2 jam sebelum aerobik
  2. kunyah makanan sampai terasa manis
  3. jangan makan dengan diselang-seling air
  4. setengah jam setelah makan baru minum air masak
  5. setengah jam sebelum aerobik minum seteguk kopi, karena kopi meningkatkan pembakaran dalam tubuh

2 macam gula yang harus dikenal :

  1. Glukosa : tidak baik untuk tubuh, kecuali untuk orang yang melakukan high performance sport
  2. Fruktosa : gula dalam buah2an, ini baik untuk kesehatan

Kategori asas pergerakan senam aerobik :

Low Impact : Pergerakan dimana satu kaki mesti berada di lantai. pergerakan ini selalunya digunakan didalam fasa memanaskan badan, fasa kardiovaskular dan fasa menyejukan badan. 4 pergerakan asas low impact adalah : match (jalan ditempat), side tap (sentuh ujung kaki kekiri dan kanan),  step touch (bergerak ke sisi), knee lift (angkat kaki dan bengkok kan lutut)

High Impact : Pergerakan dimana satu kaki mesti berada di lantai. pergerakan ini selalunya digunakan didalam fasa memanaskan badan, fasa kardiovaskular dan fasa menyejukan badan . 4 pergerakan high impact : jumping (lompat), pony (melompat), hip hop, Jogging (berlari ditempat).

Non Impact : Perrgerakan ini sering digunakan dalam fase kondisi otot namun boleh juga digunakan dalam fase memanaskan badan dan menyejukan badan. asas pergerakan non impact : lunges dan squat

catatan :

fase kardiovaskular adalah fase melatih jantung dan meningkatkan kadar nadi

 

continue…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s