Idul Fitri 1431 H

Selamat Idul Fitri 1431 H

Selama hidup saya, baru kali ini saya merasakan lebaran idul fitri di luar palembang. Ya.., berhubung suami punya suatu urusan, maka kepulangan kami ditunda pada hari ke-3 lebaran.

Sedih memang, tapi kami punya pengalaman cukup menyenangkan disini. Malam takbiran, kami lalui di flat. tidak seperti di kota kami, jika malam lebaran, gema takbir terdengar dimana-mana.  disini, suasananya sunyi senyap. Meskipun di kolej perdana (nama flat tempat kami tinggal) masih tidak terlalu senyap, tapi UTM seperti kota mati..

Saya juga agak heran, apakah kebiasaan takbir itu hanya ada di Indonesia ya? sebab diflat saya banyak sekali orang-orang arab, yaman, sudan, muslim nigeria, irak dan iran yang tinggal disini. tapi tidak terdengar sama sekali takbir dari rumah mereka atau dari mushola dekat flat kami.

Paginya, setelah nelpon ke palembang, kami bersiap-siap untuk ke KJRI di johor bahru, kami akan sholat bersama-sama warga indonesia disini. kami berangkat kesana berbarengan dengan teman-teman yang ada dikolej perdana. pukul 7.00 kami siap berangkat.

Sampai disana, suasana masih sepi. pada saat kami datang, karena kami rombongan dari UTM, jadi disambut oleh orang-orang dari KJRI. Setelah kami selesai sholat, kami semua (student + keluarga) dijamu oleh bapak konjen di aula.

setelah selesai, kami sempet photo2 dengan pejabat KJRI disana..

Siangnya, setelah sampai dirumah, kami istirahat, santai – santai sambil tiduran dirumah.. saat itu kami berfikir gak bakalan ada silaturahmi kerumah-rumah.

Kami kaget, ketika setelah sholat ashar, ada tamu yang mengetuk rumah, ternyata yang datang adalah tetangga satu flat yang berasal dari indonesia..

waduh.. kaget sekali kami waktu itu, kaget itu bukan karena kedatangan tamu, tapi lebih pada kami tidak menyiapkan apa2 sama sekali dirumah😦 jadi hanya dengan kue seadanya, dan minuman seadanya kami menjamu tamu2 lebaran kami.. hehehe

Setelah dari rumah, kami ikut berkeliling ke tetangga-tetangga kanan kiri dan diikuti dengan pergi kerumah pensyiarah2 UTM (dosen UTM) asal indonesia.

Satu hikmah yang kami dapatkan, ternyata meskipun diluar lingkungan kami, silaturahmi tetap saja wajib dijalankan ke semua tetangga dan kerabat dimanapun kita berada

Besok paginya, kami melanjutkan kerumah-rumah teman yang belum sempat dikunjungi, dan malamnya kami melakukan persiapan pulang ke kampung halaman..

Alhamdulillah, besok paginya, dengan diantar salah seorang tetangga, kami pulang ke palembang melalui batam ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s