First Time to go Abroad

Tanggal 6 desember 2009 pertama kali pasport di cap🙂

Hari itu adalah pengalaman pertama kali kami keluar negeri. meskipun hanya kemalaysia yang notabene tetanggaan dengan sumatera ^_~ , tetap aja judulnya adalah luarnegeri. jadi pintu keberangkatan dari bandara soekarna hatta adalah di terminal II B.

Dari Palembang, kami ke jakarta, menggunakan pesawat LI** ***, sampai dijakarta, kami turun melalui terminal IA. untuk menuju ke terminal II, kami menggunakan suttle bis, bis nya berwarna kuning, bersih, ber AC dan gratiiiis🙂 fasilitas dari angkasa pura. Ada halte khusus untuk suttle tersebut. kalo di terminal IA, suttle ada dibawah tangga pintu kedatangan.

sampai di pintu keberangkatan terminal IIB, kami masuk dan check in. Nah berbeda dengan keberangkatan domestik, yang setelah check in langsung menunggu pesawat, pada keberangkatan internasional, kita harus melalui counter imigrasi. oiya, sebelum masuk, jangan lupa mengurus bebas fiskal, supaya kita tidak harus membayar fiskal yang besarnya lumayan, buat kantong pas-pasan seperti saya. Kantor bebas fiskal, ada di gedung itu juga. dekat dengan pintu masuk pengecekan imigrasi. sebelum masuk keruangan imigrasi pun kita memang akan diperiksa fiskalnya.

nah setelah urusan fiskal beres, jangan lupa mengambil dan mengisi kartu imigrasi, warnanya putih. tempat kartunya di kiri dan kanan counter imigrasi tersebut. jadi liat saja kalo ada orang yang lagi nulis2 di dekat counter imigrasi, nah cepat2 lah mendekat. tanya jika memang kurang mengerti. kartu itu fungsinya sebagai bukti kalo kita adalah warga negara indonesia yang akan bepergian keluar negeri. nanti di kounter, kartu keberangkatan akan dirobek oleh petugas, dan bagian kedatangan akan dikembalikan pada kita. jangan lupa menyimpan kartu tersebut. karena pada saat kita pulang, kapan pun dan dari jalan masuk manapun di indonesia, kartu kedatangan itu akan diminta kembali oleh petugas imigrasi.

Setelah melewati kounter imigrasi, baru masuk ke gate pesawat. oiya, didalam terminal keberangkatan internasional, ada troli mini untuk mengangkut tas yang akan di bagasikan. ada juga mobil mini, mungkin untuk mengangkut orang2 tua atau orang yang sedang sakit ya..

karena kami naik pesawat air ****, maka gatenya adalah gate 7. Penunjuk arah gate ada dimana2, jadi jangan takut nyasar…🙂 disepanjang jalan kearah gate 7 banyak sekali toko2 souvenir khas daerah2 di indonesia. selain itu, bagi yang belum sempat tuker uang, disana ada juga kok money changer.

Nah, jangan lupa, bagi yang akan bepergian naik air ****, kita dilarang membawa makanan basah atau barang berbentuk cairan yang banyak ke pesawat. jumlah maksimalnya adalah 200 ml kalo gak salah. atau 50 ya ? lupa deh.. untuk amannya gak usah bawa minuman ke dalam pesawat. kita bisa beli didalem pesawat, harganya gak tlalu mahal kok.

Didalam pesawat, pada saat kita hampir sampai ketujuan, kita akan diberi kertas imigrasi lagi oleh petugas dipesawat, bentuknya sama seperti tadi. Langsung saja isi kartu itu dipesawat, karena setelah kita sampai, kita akan langsung masuk ke kantor imigrasi. Dikantor imigrasi nanti, akan ditanya apa maksud kedatangan kita dan kira2 berapa lama kunjungan tersebut. Untuk malaysia dan singapore, kita warga indonesia yang masuk kesana hanya untuk kunjungan singkat tidak perlu mengurus visa. visa kita langsung dianggap sebagai social visit. maksimal waktu tinggal adalah 30 hari. kartu imigrasi yang baru kita isi tadi juga akan dirobek oleh petugas. bagian kedatangan akan diambil oleh petugas, dan bagian keberangkatan akan dikembalikan ke kita. simpan juga kartu ini. karena dari manapun kita akan keluar dari malaysia, kartu ini akan ditanya oleh petugas.

nah setelah keluar dari kantor imigrasi, berarti kita bebas bepergian kemanapun diwilayah negara tersebut. tapi jangan lupa tanggal kadaluarsa visa kita. sebab kalau tidak kita akan ditangkap dan dianggap sebagai pendatang ilegal😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s