TOEFL

Bahasa Inggris,  sebenarnya ini adalah pelajaran yang agak menyebalkan bagi saya.tapi ternyata, setelah agak tua, baru sadar kalo ternyata bahasa inggris itu sangaaaaaat perlu kalo kita mau ngelanjutin sekolah ke luar negeri.

Seperti saat ini. ternyata nilai toefl saya dan suami menjadi hambatan untuk kita belajar keluar negeri. meskipun aplikasi kita sudah diterima oleh professornya, namun secara administratif kami belum bisa memulai proses akademik sebelum kami mencapai nilai 550.

kayak jauh di angan-angan deh untuk nilai 550.. meskipun sekarang nilai kami sudah mencapai 500, tapi peningkatan nilai dari 500 ke 550 bukan perkara yang mudah. butuh usaha dan waktu yang ekstra untuk mencapainya. Sekarangpun kami masih terus berusaha, meskipun sudah waktu yang kami punya sudah sangat terbatas karena banyaknya aktivitas lain yang menuntut untuk dikerjakan juga. tapi kami harus tetap belajar karena mau gak mau kami harus membaca jurnal, textbook maupun hasil konferensi internasional yang kesemuanya menggunakan BAHASA INGGRIS.

Belajar bahasa inggris seharusnya dimulai pada usia dini. Dr. Bambang Kaswanti Purwo, ketua Program Studi Linguistik Terapan Bahasa Inggris, Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta, dalam sebuah tulisannya yang bertajuk “Pengajaran Bahasa Inggris di SD dan SMTP”, menyebut bahwa usia 6 – 12 tahun, merupakan masa emas atau paling ideal untuk belajar bahasa selain bahasa ibu (bahasa pertama). Alasannya, otak anak masih plastis dan lentur, sehingga proses penyerapan bahasa lebih mulus.

Namun, bukan berarti orang dewasa tidak mampu menguasai bahasa kedua (bahasa asing). Eric Lenneberg di lain sisi justru mengemukakan bahwa orang dewasa dengan inteligensia rata-rata pun mampu mempelajari bahasa kedua selewat usia 20 tahun. Bahkan ada yang mampu belajar berkomunikasi bahasa asing pada usia 40 tahun. Namun tentu saja, belajar pada usia keemasan atau belajar dibawah usia 25 tahun tentu akan berbeda penyerapannya dengan belajar pada usia yang sudah agak tua seperti kami.

Bagi siapa pun mahasiswa saya yang kebetulan membaca blog ini, jangan lah kalian merasa bahwa aturan difakultas kita itu memberatkan kalian. Tapi itu semata-mata untuk memperbaiki kesalahan kami, dalam hal bahasa. Kami tidak ingin kalian mengalami hal yang sama dengan kami. Apalagi pada masa sekarang, persaingan kehidupan menjadi lebih ketat. Bahasa inggris adalah mutlak dibutuhkan selain skill yang kalian miliki. Belajarlah bahasa inggris mulai saat ini.. baik dirumah, dikampus ataupun ditempat-tempat kursus yang professional, mumpung kalian masih muda dan masih ada kesempatan untuk belajar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s