Pelayanan Kesehatan

Sebagai seorang PNS Dosen saya memiliki fasilitas kesehatan Askes. Tapi selama ini saya gak pernah menggunakan fasilitasnya. saya dan suami lebih sering bayar sendiri jika akan ke dokter spesialis.
Tapi berhubung kemaren lagi gak punya duit, sedangkan saya mendesak harus ke spesialis, akhirnya saya gunain juga tuh askes.
Langkah pertama, saya mengunjungi dokter keluarga. Setelah mendapat rujukan, besoknya saya pergi ke rumah sakit umum pusat di kota saya. sesampai disana, dengan polosnya saya masuk ke graha spesialis, karena saya pikir itu adalah tempat dokter2 spesialis.
Saya pun mendaftar, tapi… oooo…, malunya saya, kata petugasnya, kalo askes sosial tempatnya bukan di graha spesialis, graha spesialis khusus untuk askes komersil dan untuk yang bayar sendiri.
Saya di tunjukan tempat, khusus untuk askes sosial. ternyata, disana saya harus melapor dulu ke kantor askes, setelah itu ke tempat pengambilan nomer. waduh berbelit-belit sekali ternyata mekanismenya. mana antara tempat yang satu dan yang lainnya tidak berdekatan, panas dan …kotor.
Pada saat saya ke poliklinik periksa pun ternyata petugasnya tidak ada ditempat dan saya harus panggil-pangil dahulu. setelah datang pun saya tidak dilayani dengan senyum, sapa dan salam.. duh… miris banget ya.. mana katanya ternyata dokternya datangnya siang.. setelah periksa di graha spesialis dahulu.
Sambil menunggu saya berfikir, gimana kalo ada pasien yang parah ya..?
selain itu, karena saya dosen, saya berfikir, pernahkah profesor-profesor dikampus saya menggunakan layanan askes untuk berobat ya? mereka kan termasuk askes sosial juga.. tapi kalo seperti ini, mana mungkin mereka menggunakannya..
kalo tidak penah digunakan, saya pikir, buat apa mereka diberi askes, bukankah itu namanya pemborosan saja. berlangganan tapi tidak pernah digunakan ?????

Leave a Reply

