Keguguran

Kehamilan adalah sesuatu yang amat ditunggu oleh setiap pasangan yang telah menikah. hampir 4 tahun kami menunggu, akhirnya dengan perjuangan yang tidak sedikit dan dibantu dengan teknologi kedokteran saat ini akhirnya saya bisa hamil.

Tentu saja kami saat itu sangat bahagia. kami berdua, keluarga saya, keluarga suami semuanya bahagia. Tapi ternyata kebahagiaan itu gak berlangsung lama. Usia kehamilan saya waktu itu sekitar 11 minggu. Karena pendarahan yang tidak berhenti, dokter memutuskan untuk dikuret…

Pendarahan itu sendiri sebenarnya memang tidak serta merta ada. dikehamilan pada minggu ke-4 saya sempat ada spot tapi tidak banyak. setelah beristirahat dirumah spot itu hilang, dan saya sudah bisa beraktivitas seperti biasa, meskipun tidak berat dan lebih banyak istirahat dirumah.

namun pada akhir minggu ke-9, saya harus mengerjakan suatu urusan di KPA unsri Indralaya, urusan itu membuat saya harus bolak-balik turun tangga dari lantai 3. siang harinya saya merasa mau buang air kecil. tapi pada saat dikamar mandi, saya kaget luar biasa karena ternyata ada darah segar dipakaian dalam saya.

saat itu saya panik luar biasa, akhirnya sebelum urusan selesai, saya pulang ke palembang. untung waktu itu saya ke inderalaya dengan diantar papa saya. ditengah jalan saya menghubungi dokter kandungan tempat saya biasa berkonsultasi. beliau menyarankan untuk segera kerumah sakit dan dirawat saja.

Sampai dirumah saya tiduran sebentar sambil menunggu ibu saya datang dan menyiapkan peralatan untuk dibawa ke RS.  setelah itu kami pergi ke klinik tempat saya biasa konsul dan menurut dokternya, saya harus dirawat, mengingat darah yang keluar adalah darah segar.. tapi alhamdulillah janin masih ada dan masih berkembang baik.

lebih dari 2 minggu saya dirawat disana. setiap pagi saya harus USG. waktu itu sebenernya saya mau protes, saya kan gak boleh gerak, tapi kenapa harus tiap pagi saya  turun naik tempat tidur untuk di USG. padahal kan bisa sebenernya tiap 3 hari baru USG lagi, agar mengurangi saya bergerak. lagian USG nya hanya dari perut. saya juga gak tau persis sebenernya keadaan janin saya saat itu. yang saya tau ukuran dari janin awalnya memang terus bertambah.

tapi gimana lagi saya gak tau mesti gimana. takut ternyata itu memang procedure. yang saya pikirkan saat itu , gimana supaya janin saya selamat saja.. namun, setelah masuk minggu ke 11, saya sudah curiga kenapa tiba2 janinnya gak berkembang lagi.. ukuran kantung kehamilan tetap dari hari ke hari. padahal saya tau persis berapa ukuran range normal kantung bayi dari minggu ke minggu, karena saya sudah mempelajarinya baik-baik sebelum saya hamil.

saya sempet tanya ke dokter tentang hal itu, tapi kata dokter gak papa, kita lihat nanti katanya. ketika suatu saat ada dokter pengganti datang, saya langsung minta secara paksa USG 3D di RS lain.  akhirnya malam2 saya dihantar dengan mobil klinik ke dokter yang memiliki USG 3D.

Disana, setelah di USG, dokter langsung memvonis bahwa janin saya sudah rusak, karena tidak berkembang (abortus alami). tapi memang belum gugur, sehingga harus dilakukan kuratase.

Saya gak bisa deskripsikan bagaimana perasaan saya. yang saya tau rasanya sakiiiiiit sekali. sedih, menyesal, berusaha ikhlas tapi susah.. semuanya gelap.

saat itu saya hanya bisa berdoa, semoga akan diganti yang lebih baik lagi oleh Allah. Alhamdulillah, meskipun susah, saya sudah bisa berdiri tegak saat ini. Mudah-mudahan ini akan menjadi jalan bagi adik-adiknya kelak untuk bisa lebih nyaman dirahim bundanya.

La Tahzan…
ALLAH tak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya
(Qs AlBaqarah :286)
…dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu (Qs Lukman :17)

Semoga saya dan suami selalu menjadi orang-orang yang ikhlas.. Amiin

Leave a Reply

